Temu Penegak HB IX Day
Binamuda DKR Penegak dan Pandega Terbaru Update

Meneladani Pahlawan Pramuka Harus Ditanamkan Sejak Dini

Spread the love

Bobotsari – Kwartir Ranting Kecamatan Bobotsari pada Hari Minggu (11 April 2021) kemarin, menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Bapak Pramuka (HB IX Day). Kak Sri Sultan Hamengkubuwono IX ditetapkan menjadi Bapak Pramuka pada Tahun 1988 melalui Surat Keputusan No. 10/MUNAS/88. Dan baru pada Tahun 2018, Tanggal 12 April ditetapkan sebagai Hari Bapak Pramuka Indonesia dengan SK Kwarnas No. 046 Tahun 2018. Peringatan HB IX Day ke-109 ini dilaksanakan di Aula SMPN. 1 Bobotsari. Turut Hadir dalam kegiatan ini unsur Pimpinan Kwarran, Pembina Pramuka dan adik-adik Pramuka Penegak se-Kecamatan Bobotsari.

Mengetahui Hal Baru Tentang Kak Sultan

Dalam kegiatan Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia ini, Kwarran Bobotsari menyelenggarakan dua kegiatan yaitu Temu Penegak dan Pembina serta Renungan dan Ulang Janji. Dalam kegiatan Temu Penegak dan Pembina, disampaikan tentang beberapa Materi yaitu : Renungan Peran Aktif Kak Sri Sultan Hamengkubuwono IX dalam Sejarah Bangsa Indonesia dan Sejarah Pramuka dan Penyampaian tentang Pelaksanaan Gugusdepan Mantap, Pramuka Garuda dan Pramuka Peduli. Materi Sejarah Kak Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Gugusdepan Mantap disampaikan oleh Kak Hj. Hernani, S.Pd.,M.Pd, sedangkan materi Pramuka Garuda dan Pramuka Peduli disampaikan oleh Kak Daniel Dwimawan, S.Pd.K. Dalam perenungan Sejarah Kak Sri Sultan Hamengkubuwono IX, peserta dapat mengetahui hal-hal yang tidak pernah diketahui sebelumnya termasuk peran Kak Sri Sultan Hamengkubuwono IX bagi bangsa dengan menyumbangkan 6 juta Gulden dari harta pribadinya untuk menjalankan Pemerintahan Bangsa Indonesia yang sedang mengalami masa sulit. Apabila dinilai dalam bentuk rupiah untuk saat ini, nilainya adalah Rp. 48.944.351.880,-.

Dalam materi Gugusdepan Mantap dan Pramuka Garuda, peserta kembali diingatkan untuk meraih potensi maksimalnya dalam Kepramukaan. Sedangkan dalam materi Pramuka Peduli, disampaikan tentang Hasil Sosialisasi di Tingkat Kwartir Cabang untuk membentuk Satuan Tugas Pramuka Peduli di Kwartir Ranting.

Ulang Janji

Kegiatan Renungan dan Ulang Janji dilaksanakan dengan khidmad, sekalipun dalam situasi hujan. Kegiatan dilaksanakan di dalam ruangan Aula secara sederhana. Bertindak selaku Pembina Renungan, Kak Hernani, menghantarkan Pembina Pramuka dan Pramuka Penegak untuk merenungkan peran sertanya dalam kegiatan Kepramukaan. Dalam Renungan, disampaikan tentang Biografi Kak Sri Sultan Hamengkubuwono IX dengan segudang prestasi dan peran sertanya  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, hingga perannya dalam memajukan generasi muda melalui Gerakan Pramuka. Dengan Renungan dan Ulang Janji diharapkan Pramuka Penegak dan Pembina Pramuka dapat kembali membarui komitmennya dalam meningkatkan potensi dan memajukan Gerakan Pramuka melalui kegiatan yang inovatif, kreatif dan membangun untuk mewujudkan tujuan Gerakan Pramuka.

Pennyalaan Api Semangat Dasa Darma

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun di Kwarran Bobotsari sejak 2 Tahun silam. Renungan hari Bapak Pramuka ini akan dapat membangkitkan kembali nilai-nilai nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air dengan meneladani tokoh Pramuka. “Kegiatan ini akan terus mendapatkan perhatian di waktu yang akan datang” demikian disampaikan oleh Kak Daniel seusai kegiatan. Meneladani Pahlawan Pramuka harus ditanamkan sejak dini, dan melalui kegiatan ini, Kwarran Bobotsari berupaya memaksimalkan tujuan Gerakan Pramuka dalam mewujudkan Generasi yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. Setiap Pramuka diharapkan agar selalu menghargai perjuangan para pahlawan, khususnya pahlawan Pramuka. Pramuka dapat melakukan aktivitasnya  dengan tetap bergerak dalam kegiatan positif melalui Gerakan Pramuka.

Selamat Memandu, Selamat Memperingati Hari Bapak Pramuka Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *