Pramuka Peduli Sosialisasi
Pramuka Peduli Terbaru Update

Kwarran Bobotsari Siap Sukseskan Pramuka Peduli di Kwarcab Purbalingga

Spread the love

SATGAS Pramuka Peduli

Purbalingga- Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Sabtu (10 April 2021) menggelar Sosialisasi Pembentukan Satuan Tugas (SATGAS) Pramuka Peduli di Tingkat Ranting. Kwarcab Purbalingga dalam hal ini mengundang Andalan Bidang Pengabdian Masyarakat Kwartir Ranting Se-Kabupaten Purbalingga. Hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari 11 Kwartir Ranting, salah satunya adalah Kwartir Ranting Kecamatan Bobotsari.

Pramuka Yang Dirasakan Manfaatnya

Kak Drs. Subeno, SE.,M.Si., selaku Ka.Kwarcab Kabupaten Purbalingga, menyampaikan bahwa Pramuka Peduli Kabupaten Purbalingga dalam 3 bulan terakhir memiliki kinerja yang 4 kali lipat daripada tahun lalu. “Kalau biasanya kegiatan Pramuka bentuknya perkemahan, itu terlihat manfaatnya untuk diri sendiri, tetapi Pramuka Peduli memberikan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat”, demikian disampaikan beliau saat membuka kegiatan ini.

Pramuka Peduli melatih Kepedulian Pramuka baik Anggota Muda maupun Anggota Dewasa kepada peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Kepedulian ini bukan hanya pada saat awal peristiwa, tetapi sampai akhir. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Tumanggal, Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga, pada peristiwa Bencana Tanah Bergerak. Pramuka Peduli hadir melaksanakan pembuatan Dapur Umum, MCK, Pembuatan Hunian Sementara (Huntara) hingga penanganan psikhis kaum ibu dan anak-anak. 

Pembukaan Sosialisasi Pramuka Peduli

Kak Subeno di saat Membuka Sosialisasi Pembentukan SATGAS Pramuka Peduli Tingkat Ranting

Memperluas Kebermanfaatan

Belajar dari pengalaman yang ada, maka Kwarcab Purbalingga, pada Tahun 2021 ini berupaya mendorong agar Pramuka Peduli dapat muncul di tingkat Kwartir Ranting dengan legalitas yang sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaannya. Melalui kegiatan ini, diharapkan agar Kwartir Ranting dapat merespon hajatan besar Kwarcab Kabupaten Purbalingga untuk memperluas kebermanfaatan Pramuka bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini Kwartir Ranting Kecamatan Bobotsari yang diwakili oleh Kak Daniel Dwimawan, selaku Sekretaris Ranting menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjuti program yang sangat baik ini. “Kami siap untuk mempersiapkan pengurus Satuan Tugas Pramuka Peduli di Kwarran Bobotsari sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan”, demikian disampaikan oleh Kak Daniel seusai Kegiatan.

Sebelumnya Kwartir Ranting Kecamatan Bobotsari, telah melaksanakan Program Pramuka Peduli setiap tahunnya, yang digadang oleh Dewan Kerja Penegak Pandega Ranting (DKR). Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan Program Pramuka Peduli di Kwarran Bobotsari akan berjalan lebih maksimal sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan pada SK Kwarda Nomor 127 Tahun 2019. Adapun unsur-unsur yang terlibat dalam Kepengurusan Pramuka Peduli ini adalah Anggota Dewasa yang terdiri dari Pimpinan Kwartir, Andalan Kwartir, Staf Kwartir, Pimpinan SAKA, dan unsur lain yang memiliki kepedulian dalam masyarakat. Sementara Anggota Muda yang dapat bergabung dalam Satuan Tugas Pramuka Peduli, minimal adalah Penegak yang terdiri Dari Dewan Kerja serta Pramuka Penegak Pandega, yang akan menjadi Satuan Reaksi Cepat (SRC) Pramuka Peduli Kwartir. Sedangkan Kepengurusan SATGAS Pramuka Peduli meliputi Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Bidang Penanggulangan Bencana, Bidang Kemanusiaan, Bidang Lingkungan Hidup, serta Satuan Reaksi Cepat (SRC). Dengan ini, Kwartir Ranting diharapkan untuk segera membentuk Kepengurusan Satuan Tugas Pramuka Peduli dan menyerahkan Susunan Pengurus dan Program Kerja Tahun 2021-2022 kepada Kwartir Cabang Kabupaten Purbalingga pada Awal Mei ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *