Kak Andika Jadi Nahkoda Baru DKR Kwartir Ranting Kec. Bobotsari
DKR Update

Kak Andika Jadi Nakoda Baru DKR Bobotsari

Spread the love
Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga, Kak Riono membuka Musyawarah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putri Putra (Musppanitra). Musppanittra dilaksanakan di Gedung Kesenian SMK Muhammadiyah Bobotsari, pada hari Sabtu (9 Januari 2021). Beliau menyampaikan bahwa pramuka memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan generasi masa depan bangsa. Untuk itu Gerakan Pramuka harus terus menggeliat terutama di era milenial dewasa ini. Anggota Pramuka harus memiliki jati diri yang kuat dan tidak mudah goyah Pramuka dari masa ke masa diharapkan bisa mengikuti perkembangan zaman.

Tetap produktif

Ia mengajak anggota Pramuka untuk tetap produktif di masa pandemi. Sekalipun berada di rumah, Pramuka harus tetap aktif malakukan kegiatan-kegiatan yang produktif.  Aktivitas di rumah tidak akan membosankan jika diisi dengan kegiatan bermanfaat.
“Selamat bermusyawarah, dan hasilnya dapat menjadi acuan kegiatan Pramuka Penegak Dan Pandega di Kwarran Bobotsari. Covid-19 jangan membuat anggota Pramuka berhenti beraktivitas, kita tetap berkreativitas dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” tuturnya seperti dikutip dari laman pramukapurbalingga.id, Senin (11 Januari 2021)
Ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwaran Bobotsari, Kak Rosa Linda menjelaskan, Musppanitra  merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah Kwartir.
“Tujuannya pertama adalah untuk mempertanggungjawabkan program kerja Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwarran Bobotsari di tahun 2020.  Tujuan selanjutnya adalah memilih dan menetapkan Ketua Dewan Kerja Ranting serta merumuskan program serta menentukan arah kebijakan Dewan Kerja,” ungkapnya.

Keputusan efisien

Ketua Sangga Kerja Musppanitra, Kak Andika Apri Nur Faizal mengatakan bahwa DKR sebagai kepanjangan Kwartir Ranting harus melaksanakan agenda Sidang Musppanitra.  Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk  melaksanakan kegiatan dengan baik, tertib dan terarah. Tujuan penting lainnya adalah untuk menghasilkan keputusan secara efisien. Musppanitra terbagi dalam beberapa sidang. Sidang Pleno I untuk menyampaikan beberapa hal, yaitu yang pertama adalah laporan pertanggungjawaban Ketua DKR Bobotsari Masa Bakti 2017-2020. Yang kedua adalah pandangan umum dan evaluasi atas laporan pertanggung jawaban. Dan Sidang Pleno II untuk menyampaikan rencana sasaran dan rencana strategis Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega 2021-2023.
“Semua kegiatan itu tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta mengurangi kerumunan,” ungkapnya
Terpilih dalam Musppanitra, yaitu Kak Andika Apri Nur Faizal, dari Pangkalan SMK Muhammadiyah Bobotsari. Peserta  yang hadir terdiri dari lima pangkalan Pramuka Penegak dan Pandega se-Kwarran Kecamatan Bobotsari. Setiap Pangkalan mengirimkan dua utusan Penegak Bantara. Dalam pertemuan tersebut, Satuan Karya (Saka) Wirakartika dan Saka Bhayangkara, pun menyemarakkan kegiatan Musppanitra Kwarran Bobotsari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *