Abdimas Pramuka Peduli Terbaru Update

Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwarran Bobotsari Menggelar Diklat Kilat Untuk Satuan Reaksi Cepat

Spread the love

Bobotsari – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Minggu (02/05), Satuan Tugas Pramuka Peduli (Satgas Pramuli) Kwarran Bobotsari menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) yang dilaksanakan secara singkat selama satu hari. Dengan semangat Hari Pendidikan Nasional, Kwarran Bobotsari berupaya mendidik adik-adik Pramuka untuk memiliki kepedulian terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Menurut keterangan dari Sekretaris Satuan Tugas Pramuka Peduli, Kak Daniel Dwimawan, pelaksanaan kegiatan ini tercetus saat Pembentukan Pengurus Satgas Pramuli di Aula Kecamatan, minggu lalu. “Kami berupaya semaksimal mungkin, bertindak secara cepat untuk merespon kegiatan yang akan segera terlaksana di bulan ini dan sangat membutuhkan peran Pramuka Peduli di dalamnya”, imbuhnya. Menyambut Bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri di tahun ini, Satgas Pramuli Kwarran Bobotsari merespon dengan berbagai kegiatan seperti keterlibatan dalam Operasi Penyekatan Idul Fitri, Pengumpulan Zakat dan Bumbung Bhakti Pramuka. Oleh karena itu diperlukan tindakan cepat untuk merekrut Satuan Reaksi Cepat (SRC) dan melaksanakan diklat, sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kegiatan yang terlaksana di Aula SMPN. 1 Bobotsari ini melibatkan Pramuka Penegak dan Pandega sejumlah kurang lebih 61 orang. Sebelumnya mereka telah disaring dalam proses perekrutan SRC Pramuli dengan berbagai penilaian, baik penilaian tertulis, praktek dan wawancara. Selanjutnya, setiap Penegak dan Pandega yang telah dinilai, akan dibagi ke dalam 3 bidang, yaitu Bidang Kebencanaan, Bidang Kemanusiaan dan Bidang Lingkungan Hidup. Di masing-masing bidang, setiap SRC memiliki tugas merencanakan teknis kegiatan sesuai dengan program yang akan dilaksanakan, dan dalam pelaksanaannya, semua SRC dapat terlibat secara aktif dalam setiap kegiatan Pramuka Peduli.

Foto bersama

Ketua Pramuli bersama Damkar dan DKR

Dalam kegiatannya, Satgas Pramuli Kwarran Bobotsari menggandeng berbagai instansi seperti Koramil, Polsek, Damkar, Kasi Kesra Kecamatan, Puskesmas, Penyuluh Pertanian, serta dengan berbagai tokoh masyarakat yang antusias terhadap kegiatan kepedulian dalam masyarakat. Dalam kegiatan Diklat Singkat ini, dilaksanakan penyampaian informasi terkait program terdekat yang akan dilaksanakan. Materi Diklat disampaikan oleh 4 instansi yaitu Koramil, Polsek, Damkar dan Kwarcab.

kak saeful saat memberikan materi

Kak Saeful saat memberikan materi

Ketua Satgas Pramuli, Kak Saeful (Koramil Bobotsari), menyampaikan bahwa di tengah terjadinya perang akibat pihak ke-3 (proxy war) serta potensi kekayaan alam yang tinggi memerlukan kepedulian dari masyarakat, khususnya Pramuka untuk merespon hal-hal praktis yang terjadi di lingkungan. “Kepedulian inilah yang akan menghindarkan bangsa kita dari penguasaan asing” demikian disampaikan saat menyampaikan materi kegiatan.

Kak Makhful saat memberi materi

Kak Makhful memberikan contoh pengaturan lalu-lintas

Wakil Ketua Satgas Pramuli, Kak Makhful (Polsek Bobotsari), menyampaikan tentang Krida Kamtibmas dan Krida Lalu LIntas yang perlu dipahami oleh adik-adik SRC Pramuka Peduli. Hal ini terkait dengan program kerja Satgas Pramuli terkait Operasi Penyekatan yang akan segera dilaksanakan. Beliau menyampaikan beberapa contoh Krida Kamtibmas, salah satunya melakukan imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada, di era pandemi ini, terutama saat berada di pasar. Kak Makhful juga memberikan contoh bagaimana cara mengatur lalu lintas dengan baik.

Kak Yudhi saat memberikan materi

Kak Yudhi saat memberikan materi

Peragaan cara kendalikan api

Peragaan Cara Mengendalikan Api

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, Kak Yudhi (Damkar Bobotsari), menyampaikan dasar-dasar penyelamatan, dengan dibantu oleh beberapa rekan dari Pemadam Kebakaran Bobotsari. Informasi yang diperlukan untuk diketahui oleh SRC Pramuli, seperti unsur-unsur api, cara mematikan api, serta dasar-dasar penyelamatan lainnya disampaikan saat pelaksanaan Diklat Singkat ini. “Kegiatan yang dilaksanakan hari ini memang dirasa masih perlu tindak lanjut untuk memberikan pelatihan lanjutan agar kemampuan adik-adik SRC dapat meningkat sesuai dengan bidangnya”, demikian disampaikan kak Daniel di sela-sela kegiatan.

kak teguh saat memberikan materi

Kak Teguh saat memberikan materi Pramuli

Kegiatan Diklat SRC Pramuli Kwarran Bobotsari juga didukung oleh Satgas Pramuli Kwarcab Purbalingga. Hadir dalam kegiatan ini, SRC Satgas Pramuli Kwarcab, Kak Teguh didampingi beberapa anggota SRC Pramuli Kwarcab Purbalingga. Beliau menyampaikan tentang apa itu Pramuka Peduli, mulai dari pengertian, tugas dan fungsi, hierarki serta bagaimana pakaian seragam Pramuka Peduli. Kak Teguh didampingi oleh Kak Dian selaku Komandan SRC Pramuli Kwarcab Kab. Purbalingga, yang menyampaikan mengenai pelaporan yang harus dilakukan setiap kali melakukan kegiatan pramuli, ditujukan kepada pihak di atasnya.

penyerahan SK

Penyerahan SK Pramuka Peduli

Di akhir penutupan kegiatan, Bendahara Satgas Pramuka Peduli Kwarran Bobotsari, kak Hernani menyampaikan ucapan syukurnya atas kegiatan yang telah terselesaikan selama 2 hari ini. “Pantaslah kita bersyukur, karena kegiatan ini telah terlaksana dengan sukses, didukung sepenuhnya oleh adik-adik Penegak dari 6 Gugusdepan di Kwarran Bobotsari” pungkasnya sambil menutup kegiatan secara resmi. Dalam kegiatan ini, Satgas Pramuli Kwarran Bobotsari, Kak Hernani, menyerahkan SK Pengurus Satgas Pramuli serta Program Kerja kepada Kwarcab Purbalingga diwakili oleh Kak Teguh Aji Priyanto (SRC Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Purbalingga).

Dengan adanya Satgas Pramuka Peduli di Kwarran Bobotsari, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian Pramuka, khususnya Penegak dan Pandega dalam ikut serta membangun masyarakat. Demikian juga, banyak sekali manfaat pendidikan yang dirasakan oleh Pramuka Penegak dan Pandega, serta oleh Satgas Pramuli itu sendiri saat melaksanakan berbagai kegiatan kepedulian dalam masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *