Jas Merah : Jangan sekali-kali Meninggalkan Sejarah

Bobotsari – (17/08) Kakak-kakak pastinya tidak asing dengan kalimat Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah yang diungkapkan oleh Bung Karno (red. Panggilan Presiden pertama sekaligus Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia : Ir. Soekarno). ” Kalimat tersebut digaungkan beliau saat berpidato di Upacara HUT RI pada tanggal 17 Agustus 1966.

“Menurut AH Nasution, ‘Jas Merah’ adalah judul yang diberikan Kesatuan Aksi 66 terhadap pidato Presiden, bukan judul yang diberikan Bung Karno,” kata Rushdy dalam bedah pidato Bung Karno di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu.

Bagaimana kita belajar dari sejarah

Di tengah perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke 76 tahun 2021 ini, kita bisa merasakan perubahan dalam pemanfaatan teknologi. Dimulai dari Media Sosial hingga Media Pembelajaran pun, teknologi berperan sangat besar.

Melalui teknologi pun kita bisa belajar dari sejarah. Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76, kakak kakak dapat melihat *Film Perjuangan* dengan tautan berikut :

Enam Jam di Jogja
https://youtu.be/AQ-wFgLD6iY

Janur Kuning
https://youtu.be/LaaUlGKp4Zs

Serangan Fajar
https://youtu.be/n3rM6bvdb7I

Kereta Api Terakhir
https://youtu.be/m-Iql9SkIYI

Perawan di Sektor Selatan
https://youtu.be/3ydcX27I1pI

Cut Nyak Dien

Sang Pencerah
https://youtu.be/iVy5JEbJkDw

Ketika Bung Karno di Ende
https://youtu.be/eP66pvW06vg

Kartini (1982)
https://youtu.be/D9WaEzcg1IE

Merah Putih Hati yg Merdeka
https://youtu.be/TGGldp2vrmI

Perjuangan Gerilya
https://youtu.be/9vAFJYUZ-4I

Diponegoro
https://youtu.be/hat8iQnzuj0

 

Dirgahayu HUT ke-76 NKRI.

 

Sumber :
Baca artikel CNN Indonesia “Sejarawan: Singkatan ‘Jas Merah’ Bukan dari Sukarno” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190515142949-20-395111/sejarawan-singkatan-jas-merah-bukan-dari-sukarno

Youtube

 

 

Artikel Terkait

Leave a Comment