Kwarran Bobotsari Sukses Menggelar Lomba Kreasi Virtual

Bobotsari – (13/08) Kwartir Ranting Bobotsari hari ini telah melaksanakan Kegiatan Pra HUT Pramuka ke-60. Berawal dari informasi yang disampaikan ke masing-masing Gugusdepan sejak Tanggal 4 Agustus 2021, terlaksana Lomba Kreasi Virtual dengan tiga kategori.

Tiga Kategori

Kategori pertama untuk usia Siaga berupa Lomba Baca Puisi. Puisi yang dibacakan merupakan hasil karya yanda atau bunda nya. “Selain Nanda siaga menampilkan kemampuannya, yanda dan bunda juga berkesempatan mengasah talenta nya” Kak Daniel menyampaikan di sela-sela kegiatan. Dari lomba ini akan diambil 6 kejuaraan yang mendapat Tropi dan Piagam Kejuaraan, yaitu Juara 1, 2 dan 3 serta Harapan 1, 2 dan 3.

Kategori kedua adalah untuk usia Penggalang berupa Lomba Iklan Layanan Masyarakat. Lomba ini diikuti oleh 2 Penggalang di masing-masing Gugusdepan SMP/MTs. Adapun video yang dibuat merupakan hasil karya peserta baik dari proses pengambilan video maupun proses editing nya. “Agar adik-adik Penggalang dapat mengasah kemampuan dalam menyalurkan ide dan keterampilan penguasaan teknologi” Imbuh kak Daniel.

Kategori Ketiga adalah untuk usia Penegak, berupa Materi Kepramukaan yang terkait dengan Pioneering. Lomba ini diikuti oleh masing-masing Gugusdepan dengan peserta sejumlah 4 Penegak putra dan 4 Penegak putri. Adik-adik Penegak dilatih untuk bekerjasama dalam menyelesaikan pembuatan pioneering mini serta memberikan penjelasan teknis bagaimana menyelesaikan pioneering tersebut.

Video Lomba Kreasi Virtual dapat dilihat di Youtube Kwarran Bobotsari dengan tautan berikut : https://youtube.com/playlist?list=PLnWPFbwMe86VPbDtET1342Ak3dZBOzB1U

Juri Kategori Penegak.

 

Penjurian dan Pengumuman

Penjurian dilaksanakan berpusat di MTs Negeri 2 Purbalingga. “Kali ini kita benar-benar melaksanakan penjurian dengan aplikasi Google Formulir” Jelas kak Said Mawardi salah satu Juri Golongan Penegak. Di era pandemi banyak sekali manfaat yang dapat dipelajari salah satunya adalah penguasaan teknologi. Para juri pun belajar menggunakan teknologi untuk memberikan penilaian yang akan langsung terekap secara otomatis di Komputer.

Pengumuman Kejuaraan akan dilaksanakan di Upacara HUT Pramuka Secara Daring yang akan dilaksanakan besok (14/08) Pukul 08.00 WIB. Upacara dipusatkan di MTsN. 2 Purbalingga sedangkan peserta dari masing-masing Gugusdepan dapat bergabung melalui Tautan Google Meet yang disediakan.

Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi banyak pihak baik Gugusdepan maupun pengurus dan Andalan Kwarran untuk tetap dapat berkreasi di era pandemi, tentunya dengan tetap menetapkan protokol kesehatan 5M : Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Selamat Hari Pramuka..

Selamat Berkarya

 

 

Artikel Terkait

Leave a Comment