Selamat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Bobotsari – (10/08) Banyak dari antara kita tidak tahu bahwa selain memperingati Tahun Baru Hijriyah, hari ini (10 Agustus) secara Nasional diperingati sebagai hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas). Hakteknas diperingati sejak 26 tahun lalu, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 71 Tahun 1995.

Sejarah dan Tujuan

Penetapan tanggal 10 Agustus sebagai Hakteknas bermula dari peristiwa penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung. Pesawat yang dirancang oleh Putra Indonesia Alm. BJ. Habibie ini memberikan kebanggaan atas buatan bangsa sendiri.

Penetapan peringatan Hakteknas ditujukan untuk memberikan penghargaan atas keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Peringatan Harteknas juga dapat memberi dorongan agar iptek di kemudian hari akan semakin berkembang.

Sinergi dalam Inovasi

Pada tahun 2021 ini, Harteknas mengangkat tema “Integrasi Riset untuk Indonesia Inovatif” dengan sub-tema “Optimisme Inovasi Berbasis Teknologi di Tengah Pandemi. Peringatan Harteknas ini dilaksanakan dengan mengadakan Panel Diskusi dengan Judul “Sinergi Membangun Inovasi dan Bangga Buatan Indonesia”. Dengan moderator, Plt. Dirjen Perguruan Tinggi dan Teknologi, Nizam, panel diskusi ini mengundang beberapa panelis yaitu Mentri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim (Mas Mentri), Wakil Mentri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono dan Sekjen Kemenperin, Dodi Widodo. Dalam Panel diskusi ini mengangkat sinergitas antara perguruan tinggi dan perindustrian agar dapat membangun jembatan hulu dan hilir dalam pengembangan inovasi dan teknologi termasuk di bidang kesehatan. Di akhir Panel diskusi, Mas Mentri menyampaikan harapannya bahwa peringatan Harteknas dapat membangkitkan rasa saling percaya. “Rasa saling percaya dengan pemberian insentif dapat maka 1300 projek muncul” Mari kita bergotong royong bersama-sama menggerakkan merdeka belajar dan mewujudkan kebangkitan teknologi menuju Indonesia Jaya.

 

Artikel Terkait

Leave a Comment