Gugusdepan 06-501/06-502 SMP Negeri 1 Bobotsari Laksanakan Perjusami Virtual

Bobotsari – (12/07) Gugusdepan 06-501 / 06-502 SMP Negeri 1 Bobotsari melaksanakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu, Minggu (Perjusami) secara virtual. Kegiatan yang dimulai pada tanggal 9 Juli hingga 11 Juli ini, dilaksanakan melalui media daring. “Kami melaksanakan kegiatan dengan menggunakan berbagai aplikasi daring seperti Google Kelas dan Google Meet” pungkas kak Daniel selaku Pembina Pramuka. Gugusdepan yang berada di Kwartir Ranting Kecamatan Bobotsari ini melaksanakan kegiatan dengan tujuan untuk melatih adik-adik Pramuka untuk tetap berkarya di tengah Pandemi Covid-19 melalui kegiatan yang positif dan menyenangkan.

Kaderisasi Kepemimpinan

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyelenggarakan kaderisasi kepemimpinan di pasukan penggalang dengan pencapaian kecakapan umum dan kecakapan khusus, hingga sampai kecakapan Pramuka Garuda” lanjut kak Daniel. Dengan melibatkan 15 Pramuka Penggalang yang melaksanakan kegiatan dengan sukarela, kegiatan ini terselenggara dengan sukses hingga akhir kegiatan. Pemberian materi dilaksanakan dengan dua cara, yaitu tatap muka secara daring melalui Google Meet, dan penugasan melalui Google Kelas. Materi yang disajikan melatih adik-adik untuk memimpin dalam regu dan pasukannya. “Mulai dari pengenalan tentang dewan regu, dewan penggalang hingga dewan kehormatan serta tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh adik-adik baik di regunya maupun di pasukannya” imbuh kak Daniel.

Selain materi yang menginformasikan tentang kepemimpinan, adik-adik Pramuka dilatih untuk menjadi moderator dalam setiap sesi kegiatan, serta menjadi petugas dalam kegiatan upacara hingga penyalaan Api Dasadarma Virtual. Peserta kegiatan sangat antusias dengan kegiatan daring ini. “Saya merasa sangat senang dengan kegiatan PERJUSAMI ini. Senang bisa bertemu dengan para kakak PI yang seangkatan dan adik-adik CPI yang berantusias mengikuti kegiatan ini.” tutur Suci Nurwahidah, Pratama Putri Dewan Penggalang SMPN. 1 Bobotsari. “Kegiatan perjusami virtual ini sangat berkesan pada memori saya dan kakak-kakak pramuka lainnya, kegiatan ini juga sangat bermanfaat karena dapat saling berinteraksi dan dapat memberikan pengalaman juga informasi sekilas pramuka yang belum pernah didengar sebelumnya. ” imbuh Nandhira, salah satu peserta. “Saya senang bisa mengikuti perjusami virtual ini, disini saya jadi bisa mengetahui kaka kaka penggalang lainnya dan bisa mengetahui materi materi baru. ” lanjut Destiana, salah satu peserta.

Latihan Kedisiplinan

Selain pemberian materi, adik-adik Pramuka juga diarahkan untuk melaksanakan kegiatan positif di rumah masing-masing. “Kegiatan ini dimaksudkan agar mereka tidak terfokus hanya pada gawainya, tetapi juga tetap peduli dengan diri dan lingkungannya” terang kak Daniel. Dalam Perjusami ini, peserta melaporkan setiap aktivitas yang dilaksanakan di rumah, mulai dari bangun pagi hari, melaksanakan ibadah rutin, mengejakan kegiatan membantu orang tua, melaksanakan olah raga hingga kegiatan “kampung tengah” (red. makan pagi, siang dan malam) melalui aplikasi Google Kelas. “Saya sangat senang mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan Perjusami ini, saya merasa waktu luang saya terisi dengan kegiatan yang bermanfaat yaitu tugas tugas yang diadakan pada acara Perjusami ini.” jelas Calista, salah satu peserta perjusami. Diharapkan dengan kegiatan ini, adik-adik Pramuka dapat melatih kedisiplinan dalam memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya. “Senang Dan Mendengarkan Segala Hal Seperti Disiplin Dan Lain-lain” jelas Refisa, salah satu peserta Perjusami.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan mandiri oleh adik-adik Pramuka

Di akhir kegiatan, peserta melaksanakan kegiatan Games Penggalang yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Quizizz. Jarak yang diakibatkan adanya pandemi Covid-19 ini serasa tidak ada karena kegiatan yang menarik ini. “Saya merasa terkesan dengan kegiatan Perjusami Virtual ini walaupun dalam keadaan covid-19 kita masih bisa bertatap muka dan menjalankan kegiatan Perjusami menggunakan Google Meet.” tutur Yumna Arifsani, salah satu peserta perjusami. “Kesannya menyenangkan,seru,dapat menambah wawasan dan sangat berkesan bagi saya karena dapat berjumpa dengan teman teman  secara Online atau Daring ” pungkas Dwi Nur, salah satu peserta perjusami.

Kegiatan selengkapnya dapat dilihat di https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/perjusami2021/home

Artikel Terkait

Leave a Comment