Kak Hera Saputro Ikuti KMD Online di Tengah Pandemi

KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR

KMD WITARAGA 280

PUSAT PELATIHAN DAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TINGKAT CABANG KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KOTA MALANG

 

Bobotsari – Gudep SMK Muhammadiyah Bobotsari, sabtu (19/06) mengikutsertakan satu guru untuk mengikuti kursus mahir tingkat dasar KMD Witaraga 280 oleh Pusdiklatcab Kota malang  pelaksana dari  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan KMD WITARAGA 280 di lakasanakan  secara virtual menggunakan media  Zoom Meeting  dan Whatsapp, Kegiatan ini tersebut selama 6 hari dari tanggal 21 Juni 2021 s/d 26 Juni 2021. KMD WITARAGA 280 tahun 2021 ada 90 Peserta dari berbagai daerah. Dari Gudep SMK Muhammadiyah Bobotsari mengikutsertakan atas nama Hera saputro. tema KMD WITARAGA 280 2021 adalah  ” pembina berkualitas untuk kader penerus bangsa”, Kak Kipo salah satu pelatih dari PusdiklatCab Kota Malang menyampaikan bahwa  tujuan diadakan kmd untuk menciptakan generasi pembina yang berkompeten

 

Kegiatan saat Pembukaan KMD WITARAGA 280 Tahun 2021

Bertepatan pada tanggal 24 Mei 2021 UKM Pramuka UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan KMD (Kursus Mahir Tingkat Dasar). Kegiatan tersebut pelaksana secara online mulai dari tanggal 21-26 Juni 2021, dalam kegiatan tersebut banyak cerita yang terukir dalam sebuah tulisan diatas kertas putih bersih.

Kegiatan dimulai dari pendaftaran yang diikuti oleh banyak sekali dari kalangan mulai dari Mahasiswa sampai usia lanjut, dalam hal tersebut tidak ada terlintas dalam fikiran reka kerja akan mendapatkan peserta yang begitu luar biasa. Hari mulai berlalu hingga tiba saatnya waktu TM (Technical Meeting) banyak cerita yang dihadapi dan terukir mulai dari peserta yang terkendala oleh sinyal hingga ada yang membagikan rapot anak didiknya semua terukir dalam sebuah tulisan.

Kegiatan Berkemah secara virtual KMD WITARAGA 280 TAHUN 2021

Tiba hari yang ditunggu oleh peserta dan juga reka kerja yaitu hari pelaksanaan KMD diawal kegiatan banyak peserta yang antusias dalam mengikuti kegiatannya walau dibalik itu semua ada cerita yang sedang dihadapi para peserta ada yang tidak kuat karena kegiatan yang terlalu padat ada juga yang tidak sanggup karena alasan pekerjaan semua itu mereka hadapi dengan penuh semangat dan ikhlas walau sebelumnya ada keraguan yang melintas dalam fikirannya namun karena banyaknya motivasi serta dukungan dari banyak orang semangat mereka semakin semangat dalam mengikuti kegiatan KMD.

Dalam kegiatan KMD tidak menyangka banyak komentar dari beberapa peserta yang mengikuti KMD Pramuka UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kalau kegiatan diikuti oleh berbagi peserta dari mahasiswa, orang tua, dari daerah jawa maupun luar jawa dan kegiatan yang dilakukan walaupun online tetapi serasa luring dikarenakan kegiatan dilakukan tidak hanya materi seperti seminar saja akan tetapi peserta juga melakukan apa yang sudah diperintah oleh para pelatih dari kwarcab. Jadi para peserta bisa merasakan KMD walaupun online tetapi serasa luring.

Kegiatan Malam api unggun KMD WITARAGA 280 TAHUN 2021

Hari-hari demi hari telah dilewati oleh peserta hingga tiba pada kegiatan puncak yaitu malam api unggun yang mengikuti peserta dan juga reka kerja, kegiatan berlangsung dengan lancar. Antusisas peserta KMD yang menyalakan api unggun ditempatnya masing-masing yang membuat reka kerja merasa kagum dengan apresiasi tersebut. setelah kegiatan api unggun selesai hingga tiba kegiatan penampilan dari peserta dan juga bergembira bersama dengan menyanyikan sebuah lagu. Sembari bersenang-senang disela-sela bernyanyi peserta membuat sebuah tulisan ucapan terima kasih yang membuat reka kerja merasa terharu dengan peserta-peserta yang sudah mengikuti KMD. Tiba saatnya hari terakhir sudah upacara penutupan dilaksanakan, kini kegiatan yang beberapa hari sebelumnya sudah usai kini kakak-kakak peserta KMD bisa melakukan aktifitas mereka seperti biasa. Dari reka kerja hanya bisa mengucapkan selamat kepada kakak-kakak peserta KMD yang sudah mengikuti kegiatan dengan penuh semangat.

Pesan yang bisa rekan kerja sampaikan kepada kakak-kakak semua terapkan ilmu yang sudah kakak-kakak dapat diKMD dan jangan pernah menyerah untuk berproses dalam segala hal. Apa yang kakak-kakak dapat belum tentu orang lain bisa merasakannya. Selagi masih bisa berproses maka luangkan waktumu untuk berkarya harapan diadakannya kmd bisa mencetak pembina yang berkompeten dan kreatif dalam segala hal demikian yang di sampaiakan oleh Panitia Pelaksana KMD Witaraga 280 kak Nadhiya Noor Thoyyibah dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Artikel Terkait

Leave a Comment