Satgas Pramuli Kwarran Bobotsari Libatkan 60 Penegak dalam Pengamanan Lebaran 2021

Bobotsari – Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwartir Ranting Kecamatan Bobotsari memulai kegiatan dalam Rangka Pengamanan Lebaran 2021, Kamis (06/05). Kegiatan ini bekerjasama dengan Polres Purbalingga dalam Operasi Ketupat Candi 2021, Polsek Bobotsari, Koramil Bobotsari dan Pengelola Pasar Bobotsari. Kegiatan yang berada di 3 lokasi ini, melibatkan kurang lebih 60 personil Satuan Reaksi Cepat (SRC) dari Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Kecamatan Bobotsari. Pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

Upaya ini, merupakan hasil koordinasi saat Pembentukan Pengurus Satgas Pramuli Kecamatan Bobotsari. Terkait dengan edaran Kwarda Nomor 249/11-Q tentang Aksi Pramuka Peduli dalam Karya Bakti Lebaran, Satgas Pramuka Peduli Kwarran Bobotsari beritikad untuk ikut serta dalam upaya mensukseskan kegiatan tersebut. SRC yang terlibat dalam kegiatan ini, secara langsung berkoordinasi dengan pihak terkait agar dapat membantu proses pelaksanaan kegiatan di setiap pos pengamanan Lebaran 2021.

koordinasi

Koordinasi Keberangkatan di Titik Kumpul Sanggar Kwarran Bobotsari

Adapun tempat pelaksanaan kegiatan adalah di Pos Kutabawa, Pos Karangreja dan Pos Pasar Bobotsari. Tim SRC dibagi dalam 2 sif setiap harinya, yaitu sif pagi dan sif siang. Tiap sif nya terdiri dari 4 orang SCR Pramuka Peduli. Antusias SRC terlihat di lapangan dengan senantiasa mengirimkan laporan kegiatan di akhir pelaksanaan tugas. Adapun fokus kegiatan di awal kegiatan pengamanan lebaran ini yang dilaksanakan di Pos Kutabawa adalah pada pengaturan lalu lintas, sementara di Pos Karangreja adalah pada persiapan fasilitas pengamanan, serta di Pos Pasar Bobotsari adalah pada upaya edukasi pengunjung dan pedagang Pasar dalam penerapan Protokol Kesehatan.

Giat Pengamanan Lebaran di Pos Kutabawa

“Hasil pengamatan arus lalu lintas di Kutabawa dari pagi hari sampai sore hari masih belum ada pemudik yang terkena cegatan, dan dari wawancara kami dengan petugas pos bahwa pemudik mulai rawan pada malam hari, sehingga penugasan penyekatan yang dilakukan gabungan baris depan mulai dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB” dikutip dari Laporan SRC Pramuli, Dakholil Fikri. Upaya penyekatan pemudik merupakan anjuran pemerintah yang sebelumnya telah melarang adanya aktifitas mudik lebaran. Hal ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19 secara masiv di daerah.

Pengamanan Lebaran di Pos Karangreja

Sementara Tim SRC di pos Karangreja, tepatnya berada di Rest Area depan SMPN. 1 Karangreja melaksankan persiapan pos dengan kegiatan kebersihan dan persiapan lainnya. “Kami membantu persiapan dalam pemasangan wi-fi di pos keamanan” dikutip dari laporan SRC Pramuli, Syfa.

Giat di Pos Pasar Bobotsari

Sedangkan di Pos Pasar Bobotsari, Tim SRC membantu mengedukasi masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan. “Kendala yang dihadapi adalah pengunjung pasar masih kurang kooperatif kepada imbauan yang kami berikan dan cenderung tidak mau mematuhi protokol kesehatan” demikian dikutip dari laporan SRC Pramuli, Ilham Fadhilah. Untuk mengatasi kendala ini, seusai pelaksanaan kegiatan, Tim SRC melaksanakan koordinasi untuk pengadaan masker bagi masyarakat yang kedapatan tidak membawa masker saat berkunjung ke pasar.

Ketua Satgas Pramuli Kwarran Bobotsari, Sertu Yuli Saeful Bahri mengapresiasi keterlibatan SRC Pramuka Peduli dalam kegiatan ini. “Terimakasih laporan kegiatan Pramuli Kwarran Bobotsari, di hari pertama tergabung dalam giat Ops Ketupat Candi Pos Penyekatan, semoga menjadikan ladang ibadah di bulan Ramadhan”, demikian disampaikan beliau di chat group Whatsapp Group Pramuka Peduli Kwarran Bobotsari.

Kontributor : Daniel D

Artikel Terkait

Leave a Comment