Saka Wirakartika Bobotsari Adakan Ujian Krida Mountaineering

Bobotsari – Satuan Karya Gerakan Pramuka Wira Kartika Koramil 08 Bobotsari merupakan salah satu wadah untuk melaksanakan Pembinaan mental dan fisik dalam rangka bela negara. Sebagaimana yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 08 Bobotsari Kodim 0702/Purbalingga, Sertu Yuli Saiful Bahri.  Kak Saiful memberikan pembinaan baik bersifat fisik, mental, rohani dan keterampilan kelompok kepada sejumlah anggota Pramuka yang tergabung dalam kegiatan Pembinaan Saka Wira Kartika binaan Koramil 08 Bobotsari Kodim 0728/Wong, Minggu (11/4).

Pembinaan tersebut difokuskan agar para generasi muda, khusunya melalui kegiatan saka Wira Kartika, bisa terakomodir sebagai wadah pembinaan Jiwa nasionalisme dan terwujud rasa cinta tanah air. “Adapun materi yang diberikan adalah Mountenering, yang bersifat pembekalan agar para anggota pramuka saat belajar di Saka Wira Kartika akan supaya tidak bosan dengan pematerian di dalam ruangan” demikian disampaikan beliau dalam sambutannya sebagai Pembina Apel.

Rappeling Saka Wirakartika

Kak Saiful menyampaikan pengarahan di sela-sela kegiatan Mountaineering

Sertu Y. Saiful Bahri menambahkan selain melatih keterampilan, materi ini juga melatih mental Anggota Saka Wirakartika dari yang mempunyai phobia ketinggian menjadi berani, karena materi ini sangat penting dan harus dikuasi oleh para anggota pramuka. Sebelumnya, anggota Saka Wira Kartika melaksanakan kegiatan Rappelling berupa turun tebing. Adapun materi Mountaineering yang harus diselesaikan selain turun tebing adalah panjat tebing, serta menjelajahi perlintasan basah dan perlintasan kering. Kegiatan ini dilaksanakan di Jembatan Desa Palumbungan, Kecamatan Bobotsari. Setelah menyelesaikan Krida ini, Kak Saiful menyematkan Tanda Pencapaian Krida Mountaineering.

Tentunya kegiatan ini pun dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Melalui setiap kegiatan dalam Kepramukaan, memberikan bukti bahwa Kepramukaan dapat tetap mengembangkan potensi Pramuka di tengah era pandemi covid-19 ini. Terus berbakti tanpa henti.

 

Kontributor : Dwi Hartomo

Editor : Daniel D

Artikel Terkait

Leave a Comment